RELIGI  

Kotbah Minggu Panggilan, 30 April 2023

kotbah minggu
Foto : Doc. Komsos Paroki Sta. Helena Lili - Camplong

KOTBAH MINGGU PANGGILAN MINGGU PASKAH IV / MINGGU PANGGILAN, 30 April 2023. Kotbah Katolik.

Oleh Rm. Chris Taus, Pr. 

Hari migggu ke 4 Paskah. Injilnya selalu tentang Yesus Gembala yang baik. Gembala,  bahasa Latinnya: PASTOR. Yesus gembala yang baik. Yesus Pastor Bonus. 

Gembala selalu berhubungan dengan hewan domba, kambing dll. Yesus menyebut Dirinya Gembala yang baik, kareba ada juga gembala upahan. Yesus gembala yang baik dan kita adalah kawanan dombaNya.

Karena temanya tentang Yesus Gembala yang baik/Yesus pastor Bonus, maka gereja Katholik merayakannya sebagai MINGGU PANGGILAN.

Panggilan khusus menjadi imam/pastor, bruder dan suster.

KEDUA : Kitab Suci Perjanjian lama menggambarkan Allah sebagai seorang Gembala dan Israel adalah kawanan dombaNya. Maz,77,21: .. Engkau telah menuntut umatMu Israel seperti kawanan domba dengan perantaraan Musa dan Harun. Atau Mazmur 23,1-2. ..Tuhan lah gembalaku, aku takkan berkekurangan…ia membaringkan aku di padang rumput yg hijau ..dst. Atau Amos 3:2 memberi gambaran tentang Allah sebagai gembala Israel yang menuntun Israel dengan setia sampai tanah terjanji Kanaan.

Baca Juga  APAKAH BUNDA MARIA PATUT DIHORMATI SECARA ISTIMEWA?

KETIGA: Allah yang dalam Perjanjian Lama digambarkan sebagai Gembala Israel, mendapat gambaran LEBIH SEMPURNA DALAM DIRI YESUS YANG MENYEBUT DIRINYA SEBAGAI GEMBALA YANG BAIK dalam hubungannya dengan kita umatnya sebagai kawanan domba umat Allah Perjanjian Baru.

Kotbah Minggu Panggilan / Minggu Paskah V

Tentang Gembala domba, di Yudea, khususnya dari Bethel-Hebron terdapat padang rumput yang luas dan cocok untuk beternak domba kambing,dll.

Baca Juga  BENARKAH BERDOA DI DEPANG PATUNG¬† = MENYEMBAH BERHALA?

Dengan memperhatikan para gembala domba Yahudi, Yesus dengan tegas menyebut Dirinya sebagai Gembala yang baik, bukan Gembala upahan. 

Yesus sebagai GEMBALA YANG BAIK menyerahkan seluruh HIDUPNYA baik hidup atau mati bagi kawanan domba-dombaNya, seperti dalam konteks injil hari ini, Yesus mengenal domba-dombaNya dan domba-dombaNya mendengar suaranya.

Dia juga adalah PINTU BAGI DOMBA-DOMBANYA. Melalui Yesus sebagai pintu, domba-domba keluar masuk untuk mendapatkan makanan dan perlindungan. 

Akhirnya Yesus adalah pintu menuju keselamatan kekal.

KEEMPAT: Dalam gereja kita adalah umat Allah Perjanjian Baru. Tugas dan peran Yesus sebagai Gembala yang baik, MENGHADIRKAN DIRI SECARA NYATA DALAM DIRI PARA GEMBALA UMAT yakni para pastor di paroki yang adalah gembala umat dan imam, bruder dan suster, yang dengan cara yang khas membantu pelayanan umat dalam seluruh reksa Pastoran paroki sebagai karya misi mereka di tengah umat.

Baca Juga  Kotbah Katolik Minggu Paskah VI

Kareba itu marilah dalam minggu panggilan ini kita doakan para pastor, bruder dan suster, agar mereka semakin menyerupai Yesus gembala yang baik agar mereka menjadi pintu Rahmat bagi umat menuju kepada keselamatan. Amen.

Kotbah Minggu Panggilan / Minggu Paskah IV

Kis,2,14,36-41

Yoh,10,1-10

error: Content is protected !!