Kotbah Katolik Minggu Paskah III, 23 April 2023

RELIGI111 Dilihat

KOTBAH KATOLIK MINGGU PASKAH III 23 April 2023

Oleh Rm. Chris Taus, Pr.

Kita masih dalam suasana perayaan Paskah Tuhan. Kita masih dengar kisah-kisah penampakan Yesus sesudah Ia bangkit dari alam maut menurut Kitab Suci.

KEDUA: Dari Catatan Kitab Suci, Penampakan Yesus kepada 2 Murid dari Emaus adalah penampakan Yesus yang kedua kalinya khusus kepada murid2Nya. Yang pertama: Yesus menampakkan Diri kepada 11 muridNya yang sedang berkumpul di sebuah rumah yang terkunci (minggu paskah 2).

Dan yang ke 2 : kepada 2 murid dari Emaus seperti yang dikisahkan dalam Injil hari mgggu ini .

Kedua Murid Emaus ini sedang dalam perjalanan dari Yerusalem plg ke Emaus. Di tengah perjalanan ini mereka mempercakapkan apa yang terjadi dengan Yesus Nasareth akhir-akhir ini.

Baca Juga  Kotbah Katolik Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam

Dan Yesus sebagai ORANG ASING hadir di tengah mereka dan terlibat aktif. Dan ketika sudah senja dan sudah dekat kampung,Yesus seolah-olah mau berjalan terus, tetapi kedua murid itu, salah satunya bernama Kleopas, mengajaknya untuk tinggal bersama mereka. 

TINGGALLAH BERSAMA KAMI KARENA HARI SUDAH MULAI MALAM. Dan mereka baru mengenal Yesus ketika dalam pemecahan Roti. Tetapi kemudian Yesus lalu menghilang dari tengah-tengah mereka.

KETIGA: Kedua murid itu ..(bukan dari golongan ke 12 ) sedang dalam perjalanan ke Emaus dari Yerusalem yang jaraknya 7 mil jauhnya (+12km). Tempatnya tidak lagi di Yerusalem tetapi di Emaus. Tempat ke dua murid itu tinggal dalam keseharian mereka. Pada permulaan perjalanan itu, mereka seperti putus asa, kecewa dengan kisah penyaliban Yesus oleh pemimpin-pemimpin agama mereka, Karena mereka menaruh harapan penuh kepada Yesus sebagai seorang nabi yang berkuasa dan wibawa, yang akan bebaskan mereka dari penindasan bangsa asing, tetapi ternyata Ia telah mati dibunuh.

Baca Juga  Paus Fransiskus akan Misa Kamis Putih di Penjara

Justru hal inilah yang membuat orang asing ini menjelaskan Kitab Suci tentang Yesus itu, dan akhirnya kedua murid itu memahami kitab Suci. Maka mata mereka perlahan terbuka dan hati mereka berkobar-kobar.

Tanpa menanyakan namanya siapa, mereka mengundang orang asing ini untuk tinggal bersama mereka karena hari sudah mulai malam. Puncak pengenalan mereka bahwa ini Yesus ketika terjadi pemecahan Roti, tetapi kemudian Yesus menghilang dari tengah-tengah mereka. Mereka akhirnya percaya bahwa Yesus hadir di tengah-tengah mereka dan membantu mereka memahami isi Kitab Suci.

Baca Juga  Meriah! Misa Malam Natal 2023 di Paroki Camplong

KEEMPAT: Kisah awal dan akhir dari perjalanan 2 murid Emaus bersama orang asing yang adalah Yesus, telah mengubah cara pandang dan paham, cara hidup dan iman 2 murid ini.

Setiap kehadiran Yesus di tengah kita juga telah mengubah cara hidup dan iman kita.

Yesus yang  bangkit selalu hadir dan berjalan bersama kita dalam keseharian hidup kita dan membatu kita untuk memahami isi Kitab Suci. Amen

Miggu Paskah 3

Kis. 2:14,22-33

Luk. 24:13-35

Tinggalkan Balasan