Kotbah Minggu Paskah II / Minggu Kerahiman Ilahi

foto : Komsos Paroki Camplong

Kotbah Katolik Minggu Paskah II / Minggu Kerahiman Ilahi – Oleh Rm. Chris Taus, Pr. – Editor : Komsos Paroki Sta. Helena Camplong

Kita baru merayakan Paskah kebangkitan Tuhan dari alam maut 8 hari yg lalu. Kita tentunya masih simpan kesan-kesan Paskah. 

Pesan-pesan Kitab Suci masih berpusat pada makam yang kosong dan berita-berita tentang Penampakan Tuhan setelah Ia bangkit dari alam maut.

Para murid masih diliputi ketakutan dengan orang-orang Yahudi yang telah menyalibkan Yesus guru dan Tuhan. 

Maka mereka berkumpul dalam sebuah rumah dengan pintu-pintu terkunci. Tiba-tiba Yesus berdiri di tengah-tenga mereka dan menyapa mesra mereka: SALAM DAMAI SEJAHTERA BAGIMU! 

Baca Juga  Puisi || Del Neonub

Sesudah Yesus berkata demikian, Yesus menunjukkan bekas paku pada tangan dan kakiNya. Dan murid-murid  bersukacita ketika melihat Tuhan.

KEDUA: Sesudah itu Yesus mengutus mereka: sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga Aku mengutus kamu. Dan Yesus membekali mereka dengan Roh Kudus. Barangsiapa kamu ampuni dosanya, maka dosanya diampuni, tetapi barangsiapa TIDAK KAMU AMPUN DOSANYA MAKA DOSANYA TETAP ADA.

Dengan ini, setelah Yesus mengadakan Sakramen Ekaristi dan imamat pada Kamis putih,Yesus mengadakan Sakramen pengampunan dosa. Sakramen rekonsiliasi. Yesus itu maha rahim dan penuh BELASKASIH dalam hubungannya dengan pengampunan dosa. Dengan mengadakan Sakramen pengampunan ini, maka kuasa mengampuni dosa adalah kuasa Roh Kudus yang Yesus berikan kepada para muridnya dan Gereja. Pengampunan dosa terjadi berkat kuasa Roh Kudus.

Baca Juga  Kotbah Katolik Minggu Adventus 4

Dalam hubungannya dengan sakramen pengampunan ini maka Sri Paus Yohanes Paulus 2, (Sto. Yoh Paulus 2) pada 30 April 2000, menetapkan Minggu ke 2 Paskah sebagai MINGGU KERAHIMAN ILAHI untuk mengenang Allah yang maha rahim dan penuh BELASKASIH kepada kita umatnya.

Itulah Minggu kerahiman ilahi yang kita rayakan mggu ini. Kita juga tentu Masih ingat 4 tahun yang lalu Sri Paus Fransiskus menetapkan 1 tahun penuh sebagai TAHUN KERAHIMAN ILAHI.

KETIGA: Kisah Penampakan Tuhan kepada murid-murid dalam rumah yang terkunci, disangsi oleh rasul Thomas, yang tidak percaya sebelum Ia melihat sendiri.

Maka seminggu kemudian Yesus datang lagi. Dan Yesus menunjukkan DiriNya kepada Thomas dan Thomas percaya: …Ya Tuhan dan AllahKu….Maka sisi lain dari perayaan minggu KERAHIMAN ilahi yakni kesempatan untuk memurnikan iman dan memperteguh sikap akan Yesus yang SUNGGUH BANGKIT DARI ALAM MAUT.

Baca Juga  "Oh Yes" Sama Om - Om Istri Ditikam Suami.

KEEMPAT: Kita sebagai komunitas umat Allah hendaknya juga memiliki sikap dan semangat iman seperti komunitas UMAT KRISTEN PERTAMA yangg sungguh percaya akan Yesus yabg bangkit.

  1. Setia kepada ajaran para Rasul.
  2. Hidup dalam semangat persaudaraan yang kuat dengan rela berbagi dengan sesama yang berkekurangan.
  3. Bersatu dalam doa dan pemecahan Roti/Ekaristi Kudus..Amen

MINGGU PaskaH 2/ Minggu Kerahiman Ilahi.

Kis,2,42-47

Yoh,20,19-31

24 views
error: Content is protected !!