Kotbah Minggu Prapaskah V – Rm. Chris Taus, Pr.

RELIGI37 Dilihat

Oleh Rm. Chris Taus, Pr – Paroki Sta. Helena Lili – Camplong

Hari ini kita sudah memasuki Minggu Prapaskah ke V

…Liturgi menyebutnya Minggu Sengsara Pertama. Salib dan patung-patung dalam gereja dibungkus dengan kain ungu.

Bacaan-bacaan Kitab Suci dalam perayaan Ekaristi tentang kematian, kebangkitan dan hidup.

Yesus membangkitkan Lazarus, saudara Marta dan Maria yang sudah meninggal 4 hari di dalam kubur. Ketika Yesus datang ke rumah Marta dan Maria, Yesus berbicara dengan Marta, Yesus menyebut dirinya Akulah kebangkitan dan hidup, barangsiapa percaya kepadaKu akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

Yesus membangkitkan Lazarus menjadi titik awal kebangkitanNya dari kematianNya kelak dan kita juga akan bangkit.

Baca Juga  Kotbah Katolik Minggu 12/02/2023 Paroki Camplong

KEDUA: Nabi Yehezkiel mendapat satu penglihatan (Visun) yang memprihatinkan tentang nasib Israel di Babel bahwa Israel seperti tulang-tulang kering yang berserakan di suatu lembah, sebagai akibat ketidaksetiaan Israel kepada AllahNya.

Dalam keadaan ini Yehezkiel tampil dan memberi harapan baru bhw akan tiba saatnya ROH ALLAH AKAN MEMBERIKAN HIDUP KEPADA TULANG-TULANG KERING ITU. 

Kubur-kubur akan dibuka, dan Israel akan bangkit dan kembali ke tanah airnya di Sion. Allah beri hidup kepada Israel.

KETIGA: Yesus bangkitkan Lazarus dari kematian nya, merupakan salah satu dari 3 peristiwa Yesus bangkitkan orang mati yaitu pemuda dari Nain, putri Yairus dan Lazarus sendiri. 

Baca Juga  PESAN BAPA SUCI PAUS FRANSISKUS PADA HARI KOMUNIKASI SEDUNIA KE-55 16 MEI 2021

Peristiwa Yesus membangkitkan Lazarus ini, merupakan TANDA MUKJIZAT YANG TERAKHIR, dari seluruh tanda Mukjizat-mukjizatNya, sebelum Yesus masuk kota Yerusalem untuk memulai misteri penderitaanNya.

Yesus sengaja membangkitkan Lazarus untuk menegaskan bahwa Yesus sebagai Putera Allah berkuasa atas kematian. 

Saat Yesus di Betania ini, ada juga seorang PEREMPUAN YANG MEMINYAKI KAKI YESUS,YANG MENGINGATKAN AKAN HARI PEMAKAMAN NYA KELAK. 

Dengan membangkitkan Lazarus dari kematian nya. Yesus mau menyatakan kemuliaan Allah Bapa di dalam DiriNya. Maka Yesus mengundang Marta untuk percaya kepadaNya bahwa Yesus Mesias, Putera Allah yang datang ke dunia ini. 

Baca Juga  Sembilan Nilai Kristiani untuk Keluarga Katolik yang Bahagia

Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini niscaya saudaraku tidak akan mati. Tetapi saya percaya bahwa Engkau akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Yesus : Akulah kebangkitan dan hidup….

Jadi jika kita percaya kepada Yesus yang adalah kebangkitan dan hidup maka kita akan hidup.

KEEMPAT: Kebangkitan Lazarus adalah tanda awal dari kebangkitan Kristus dari kematian dan kalau kita mati dalam Kristus kita akan bangkit bersama Dia.

Dalam setiap kesulitan dan kesusahan apapun, terutama dalam hal kedukaan Tuhan pasti datang menolong kita dengan cara Tuhan sendiri. Amen.

Minggu Prapaskah 5

Yeh. 37:12-14

Yoh.11:1-45

Tinggalkan Balasan