Kotbah Katolik Minggu Paskah VI

Kotbah Katolik Minggu Paskah VI, Oleh Rm. Chris Taus, Pr, Pastor RekanParoki Santa Helena Lili – Camplong, Keuskupang Agung Kupang – Timor Indonesia

Kita masih mendengar pesan-pesan perpisahan Yesus dengan murid-muridNya dalam perjamuan terakhir. Ada banyak hal yang Yesus sampaikan kepada murid-muridNya antara lain : Yesus menjanjikan mengutus Penghibur yaitu : Roh kudus Roh kebenaran.

KEDUA :

Perintah untuk hidup dalam kasih. Jikalau kamu mengasihi Aku, turutilah perintahKu. Para murid hendaknya hidup dalamnya kasih, dengan menuruti perintah Yesus. Dan perintah untuk mengasihi ini menjadi syarat untuk Yesus mengutus seorang Penghibur yang lain yaitu Roh kudus Roh kebenaran. Untuk ini para murid hendaknya mengetahui apa yang menjadi perintah Yesus dan melaksanakannya.

Baca Juga  Renungan Harian Katolik - Rabu 19 April 2023

KETIGA: ROH KUDUS (Kotbah Katolik Minggu Paskah VI)

YESUS tahu dan sadar bahwa kebersamaan Yesus dengan murid-muridNya di dunia ini sangatlah singkat dan terbatas. Karena itu Yesus tidak sempat mengajarkan semua hal perihal Kerajaan Allah. Tambahan pula keterbatan pera Murid untuk menangkap dan mengerti ajaran Yesus yang penuh rahasia dan tidak terungkap seluruhnya maka Yesus menjanjikan Penghibur dan Penolong yang lain yang akan membimbing mereka dalam seluruh kebenaran sepanjang masa. Rohkudus inilah yang membantu para murid untuk memahami seluruh kebenaran Sabda Allah. Juga akan memimpin para murid dalam karya besar mewartakan kabar gembira Injil sampai ujung bumi. Rohkudus inilah juga yang akan menutun para murid ke tempat-tempat di mana mereka harus mewartakan kabar gembira Injil.

Baca Juga  Kotbah Katolik Pesta Keluarga Kudus Nazareth - Minggu 31/12/2023

KEEMPAT:

Kita juga dituntut Allah untuk mengasihi Allah dengan sikap KEPATUHAN mendengarkan Sabda dan perintah Tuhan yang Allah sampaikan kepada kita dalam setiap situasi keseharian hidup kita.

Yesus juga akan setia menyertai kita dengan Sabdanya sepanjang zaman atau waktu.

Hal lain yang perlu kita lakukan bukti kita mengasihi Allah. Melayani sesama di sekitar kita dengan rendah hati dan penuh sukacita, ikhlas hati. Amen

Baca Juga  Paus Fransiskus hadiri Misa Minggu Palem setelah dirawat

Minggu Paska VI

Kis,8,5-8,14-17

Yoh,14,15-21

Kotbah Katolik Minggu Paskah VI – Dipublikasikan oleh Komisi Komunikasi Sosial Paroki Santa Helena – Lili Camplong, Youtube : toutonika TV, Facebook : Paroki Santa Helena Lili – Camplong.

Tinggalkan Balasan