Kotbah Minggu Paskah V – Kotbah Katolik

kotbah minggu
Foto : Doc. Komsos Paroki Sta. Helena Lili - Camplong

Kotbah Katolik Minggu Paskah V

Berikut adalah Kotbah Minggu / kotbah mingguan / renungan mingguan Katolik oleh Rm. Jhon Chris Taus, Pr. Paroki Sta. Helena Camplong.

Oleh : Rm. Chris Taus, Pr.

Dalam mewartakan kabar Gembira Kerajaan Allah Yesus sering membuat pernyataan pernyataan tentang DiriNya. Salah satu pernyataan penting dalam Injil hari ini ialah YESUS MENYEBUT DIRINYA: JALAN KEBENARAN DAN HIDUP.

Pernyataan ini berarti: YESUS ADALAH JALAN KEPADA ALLAH, dan jalan ini benar dan memberi Hidup.

KEDUA :

Sangat menarik bahwa Yesus dalam mewartakan kabar gembira Kerajaan Allah, entah dalam pengajaran maupun kotbah-kotbahNya dalam pelbagai kesempatan,Yesus selalu membuat pernyataan-pernyataan tentang DiriNya.

Baca Juga  Kotbah Katolik Minggu Adventus 4

Terkadang pernyataan-pernyataan Yesus sangat keras dan menantang, terutama ketika Yesus berbicara tentang syarat-syarat untuk mengikutiNya dan perihal Salib. Namun terkadang Yesus membuat pernyataan-pernyataan yang menyejukkan hati dan memberikan semangat dan harapan, terutama dalam hubungannya dengan apa yang Yesus sudah dan akan peroleh bagi kita umatNya.

Salah satu dari sekian banyak pernyataan Yesus dalam Injil minggu ini ialah Yesus adalah JALAN KEBENARAN DAN HIDUP. Yesus melontarkan pernyataan ini, ketika Yesus hanya bersama murid-muridNya, dan Yesus berbicara kepada mereka Perihal kepergianNya kembali kepada Bapa, bahwa Yesus segera akan kembali ke rumah Bapa untuk menyediakan tempat bagimu, dan supaya kamu tahu jalannya ke situ, kata Thomas.. “Tuhan kami tidak tahu ke mana Engkau pergi” …lalu kata Yesus… “Aku jalan kebenaran dan hidup …” 

Baca Juga  MENGAPA  UMAT  KATOLIK MENYEMBAH MARIA?

Dengan pernyataan ini Yesus ingin menegaskan bahwa Yesuslah jalan kepada Allah yang menuntun dan mengantar kita kepada Allah .

KETIGA:

Pada sisi yang lain Yesus juga membuat pernyataan yang sangat luar biasa tentang : KEINGINANNYA DAN PERJUANGANNYA untuk kita umatNya.

Hakekat dari keinginan dan perjuanganNya adalah AGAR KITA TINGGAL BERSAMA DENGAN DIA, supaya di mana dia berada di situ pun kita berada.

Aku akan pergi kepada Bapa, untuk menyediakan tempat bagimu di mana Aku berada di situpun kamu berada. 

Di rumah BapaKu ada banyak tempat tinggal.

Syaratnya ialah : percaya kepada Yesus dan melakukan segala pekerjaan Yesus.  Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan.

Baca Juga  Renungan Minggu Paskah : "dan Kami tidak tahu" !

Yesus ingin agar kita selalu bersama dengan Dia, Kareba itu Yesus menjadikan DiriNya jalan kebenaran dan hidup.

Maka betapa berharganya kita di mata Tuhan di dalam seluruh tata rencana keselamatan Allah. 

KEEMPAT:

1) Dengan Rahmat sakramen baptis, kita sudah menerima tawaran untuk datang kepada Yesus dan tinggal bersama Dia, tetapi berjuanglah masuk melalui pintu yang sempit itu.

2) Kebahagian bersama Yesus sudah kita alami dalam hidup kita sekarang dan di sini ketika kita melakukan pekerjaan-pekerjaan kita sekecil apapun untuk melayani sesama kita. 

Mari kita coba dan dengan kekuatan Rahmat Tuhan, kita pasti bisa. Amen.

Minggu ke 5 Paskah

Kis,6,1-7

Yoh,14,1-7

11 views
error: Content is protected !!