Siapa Itu Prof. dr. W.Z Johannes?

BERITA44 Dilihat
Prof. Dr. W. Z. Johannes, merupakan nama dari Rumah Sakit Umum Daerah yang ada di Nusa Tenggara Timur. Pemberian nama Rumah Sakit tersebut adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa sang Profesor berdarah Rote. Mari kita simak di bawah ini, yang saya kutip dari wikipedia.org, biar kita tak melupakan sejarah di daerah sendiri. 
Prof. dr. Wilhelmus Zakaria Johannes adalah lengkapnya. Sering juga ditulis dalam ejaan baru Wilhelmus Zakaria Yohannes (lahir di Pulau Rote, 1895 – meninggal di Den Haag, Belanda, 4 September 1952 pada umur 57 tahun) adalah ahli radiologi pertama di Indonesia, guru besar Radiologi dan pernah menjabat Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan Wakil Ketua Senat Universitas Indonesia.

Riwayat Hidup

Sebagai dokter Indonesia pertama yang mempelajari ilmu radiologi di Belanda WZ Johannes juga menjadi ahli rontgen pertama yang sangat berjasa dalam pengembangan ilmu kedokteran Indonesia sehingga mendapat gelar Pahlawan Nasional.
Pada tanggal 4 September 1952 Prof. dr. Wilhelmus Zakaria Johannes meninggal dunia di Den HaagBelanda. Jenazahnya dikirim dengan kapal “Modjokerto” dari Belanda dan ke tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada hari Senin, 24 November 1952. Pemakamkan kembali di Pemakaman Jati Petamburan, Jakarta Pusat pada hari Rabu, 26 November 1952. Namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit umum di KupangNusa Tenggara Timur yakni RSU WZ Johannes. Nama pahlawan ini juga diabadikan menjadi nama sebuah kapal perang TNI-AL yakni KRI Wilhelmus Zakaria Johannes.
W. Z. Johannes adalah sepupu Prof. Dr. Ir. Herman Johannes, guru besar UGM yang adalah paman dari Helmi Johannespresenter berita dan produser eksekutif televisi VOA Indonesia.
Sumber wikipedia.org
Baca Juga  Pesan Paus Fransiskus Pada Hari Komsos Sedunia 2024

Tinggalkan Balasan