Kotbah Katolik Hari Raya Maria Diangkat Ke Surga

RENUNGAN KATOLIK HARI RAYA SANTA PERAWAN MARIA

Oleh Rm. Chris Taus, Paroki Sta. Helena Lili – Camplong.

Setiap 15 Agustus, Liturgi Gereja merayakan Hari Raya Maria diangkat ke surga. Sta. Maria Assumpta. 

Paus Pius XII yang mengumumkan resmi perayaan ini pada 01 November 1950, menyebut bahwa: Maria yang tetap Perawan, setelah menyelesaikan hidupnya di dunia ini, DIANGKAT KE SURGA DENGAN JIWA BADANNYA.

Karena kesediaan dan kesetiaan Maria mengambil PERANAN PENTING DALAM TATA SEJARAH KESELAMATAN ALLAH, DAN KESETIAAN MARIA MELIBATKAN SELURUH HIDUPNYA DENGAN HIDUP DAN KARYA PENYELEMATAN PUTRANYA YESUS, maka Maria adalah orang pertama yang memperoleh Rahmat Penebusan yang Kristus peroleh bagi kita dengan diangkat ke surga dengan jiwa dan badannya.

    DEVOSI DAN POKOK-POKOK AJARAN KATHOLIK TENTANG MARIA:

Baca Juga  Kotbah Katolik Minggu Biasa XIV, 07 Juli 2024

Hanya umat katolik yang punya DEVOSI kepada Sta. Perawan Maria. Devosi umat katolik ini didasarkan atas ajaran  DOGMA GEREJA KATOLIK TENTANG MARIA.

Ada 4 ajaran DOGMA Katholik tentang Maria, dan dirayakan sebagai hari Raya/pesta dalam Liturgi.

  • Maria Bunda Allah (1 Januari)
  • Maria tetap Perawan (22 Agustus) 
  • Maria dikandung tanpa noda dosa/Maria Imaculata (8 Desember) dan 
  • Maria Assumpta (15agustus).

Umat Katholik mengimani Maria Karena relasi istimewa Maria dengan Yesus putranya : per Mariam ad Yesum. Melalui Maria kita sampai kepada Yesus.

MARIA DIANGKAT KE SURGA:

Ini adalah satu Rahmat PRIVELEGE ALLAH, yang Allah berikan kepada Maria. Hal ini karena KESEDIAAN DAN KESETIAAN MARIA menanggapi panggilan Allah untuk menjadi IBU TUHAN, DAN JUGA SELANJUTNYA KESETIAAN MARIA MENDAMPINGI YESUS PUTRANYA DALAM SELURUH HIDUP DAN KARYA PENYELAMATNYA, dan turut menderita, sampai terakhir berdiri di bawah kaki salib bersama murid Yesus, dan memangku jenasah Yesus ketika diturunkan dari Salib (Stabat mater).

Baca Juga  Kotbah Katolik Minggu Adventus 4

Karena itu Maria adalah orang pertama yang memperoleh Rahmat Penebusan yang Kristus peroleh bagi kita Manusia. Dengan diangkat ke surga jiwa dan badannya setelah kematianNya, Maria adalah Orang Kudus pertama dalam sejarah keselamatan manusia. Setelah itu Santu Yosef mempelainya, para rasul dst.  

Nama Sta. Maria dan Sto. Yosef mempelainyaNya disebut dalam Kanon-kanon Doa Syukur Agung dalam perayaan Ekaristi Kudus.

      Rasul Paulus menyebut hal ini dalam surat pertama kepada umat Korintus. Mula-mula Kristus sebagai yang buah sulung, kemudian mereka yang menjadi milik nya.

Maria memang secara istimewa MENDERITA KEMARTIRAN dalam dirinya, maka sepatu dan selayaknya Yesus membalas dengan KEMULIAAN ISTIMEWA YAKNI MARIA DIANGKAT KE SURGA DENGAN JIWA BADANNYA..

Baca Juga  Renungan Harian Katolik Rabu 19 Juli 2023

GAMBARAN MARIA DIANGKAT KE SURGA:

Kitab Wahyu melukiskan secara Mulia dan agung sebagi berikut :

  • seorang wanita berselubungkan matahari dengan bulan di kakinya. Di atas kepala ada 12 bintang. Seekor ular naga berkepala 7 dan bertanduk 10 dst.

Ular, penting, karena ular, Hawa jatuh dalam dosa, tetapi karena Maria Hawa Baru menginjak ular di tumitnya, maka kita selamat.

PESAN:

Tuhan memberi kita seorang Ibu (MARIA) yang beriman teguh dan memberikan kita teladan iman kesetian mengikuti Putranya. Dengan demikian jika kita setia maka kita kita akan memperoleh martabat mulia di surga seperri Maria di surga ..Amen.

Minggu 13 Agustus

Hari Raya Maria diangkat ke surga

Wah,11,19,12,1-6 10

1 kor15,20-26

Luk,1,39-56.

Tinggalkan Balasan