Ujian Praktik, SMAN 1 Amfoang Timur Hadirkan Aneka Tarian dan Lagu Daerah NTT

PENDIDIKAN31 Dilihat
SENI BUDAYA  MENGHIPNOTIS
 SMA NEGERI 1 AMFOANG TIMUR-KAB. KUPANG
Oepoli- Matatimor.com–Ujian semester ganjil sebentar lagi dilaksanakan. Para guru dan juga siswa/siswi sudah mulai sibuk dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
Kalau gurunya pada sibuk menulis soal ujian, siswa/siswi’pun pada sibuk mempersiapkan diri dengan belajar.
Hal yang sama juga dilakukan oleh bapak/ibu guru dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Amfong Timur, Kabupaten Kupang ( SMANSA AT).
Sekolah yang terletak di daerah perbatasan ini juga sudah memasuki masa super sibuk.
Untuk ujian kali ini akan dikemas dalam dua (2) sesi,  yakni sesi pertama khusus untuk ujian Praktek (tanggal 5-7 Desember 2019) dan ke dua ujian tertulis (tanggal 9-14 Desember 2019   ).
Untuk ujian paktek kali ini, ada satu mata pelajaran yang mampu menghipnotis para guru dan siswa/siswi SMANSA AT yakni mata pelajaran Seni Budaya.
Dari namanya saja kita bisa pahami, apa yang dipentaskan ataupun diperlombakan tentu hal yang berhubungan dengan seni.
Ujian Praktik di SMAN 1 AT, di kali ini konsepnya lebih ke konteks budaya lokal yang ada di Nusa Tenggara Timur khusunya daerah Timor dan Flores.
Kegiatan ini bukan saja untuk menanamkan dan juga mewarsikan budaya lokal akan tetapi juga sebagai salah satu syarat bagi siswa-siswi SMAN1 AT untuk memperoleh nilai ujian praktek Seni Budaya.
Pontianus Dhaki, selaku guru Seni Budaya menyebutkan bahwa ada beberapa seni yang akan diperlombakan yakni seni tari, paduan suara dan  vocal group.
Guru asal Kabupaten Nagakeo ini juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di atas panggung serta bagian dari upaya meningkatkan potensi anak lewat  kegiatan seni.
Jenis seni yang diperlombakan (tari) ada tarian bonet (Amfong), tarian Iky mea (Flores-Nagakeo), tarian Tebe (Malaka), Tarian Gawi (Ende)dll.
Sedangkan untuk paduan suara ada lagu Kala Rana (Manggarai), lagu Mana Lolo Banda (Rote Ndao), lagu Kais Mitoan Kau (TTU) dll.
Kegiatan ini juga disaksikan oleh Kepala Sekolah dan para guru SMANSA AT.
Bapak Ibu Guru yang hadir cukup antusias, bangga, dan terpukau dengan penampilan dari setiap peserta lomba.
Kepala SMA 1 Amfoang Timur, Farid A. Mere,S.Sos,MM dalam sambutan singkatnya saat acara pembukaan ujian praktik, sangat apresiasi dan berterimakasih kepada Guru Seni Budaya.
Yang sudah mengemas kegiatan ujian praktik tersebut dengan baik serta berharap kegitan-kegiatan seperti ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi.
Ujian ini praktik ini diikuti oleh  enam belas (16) kelompok mulai dari kelas X-XII.
Kontributor : Erfan Sandung

Baca Juga  Kebebasan dalam Pendidikan dan Merdeka Belajar ala Mas Nadiem

Tinggalkan Balasan