Empat Puluh Delapan Anak di Paroki Camplong Terima Komuni

matatimor.net – Sebanyak 48 (empat puluh depalan) orang anak di Paroki Santa Helena Lili – Camplong, Keuskupan Agung Kupang, pada Minggu, 26 November 2023, menerima Komuni Pertama.

Penerimaan Komuni Pertama ini bertepatan dengan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Pastor Paroki Sta. Helena Lili – Camplong, RD. Anselmus Leu dan konselebran RD. Patris Allegro.

RD. Anselmus Leu & RD. Patris Allegro dalam Perayaan Ekaristi Penerimaan Komuni Pertama di Paroki Sta. Helena Camplong, Minggu 26/11/2024

Dalam homilinya, Rd. Ansel Leu berpesan kepada anak-anak penerima komuni pertama, kepada para orang tua dan juga umat Allah yang hadir, agar senantiasa memegang teguh dua perintah Cintah Kasih, dan juga Hukum emas yang tertulis dalam Injil Matius 7 : 2.

Baca Juga  Berkas Tersangka Ira Ua Dinyatakan Lengkap. Terancam Hukuman Seumur Hidup!!

“anak-anak yang akan menerima komuni pertama hari ini, kepada orang tua, dan juga kita semua yang hadir berpegang teguhlah pada dua perintah cinta kasih : 1) Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap akal budimu, 2) Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. Serta Hukum emas (Mat. 7 : 2) yaitu “segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang lain perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka” harapnya.

Baca Juga  Gubernur di Ngada, Panen Jagung Ini Pesannya

RD. Ansel Leu juga berpesan kepada orang tua, agar terus membimbing anak-anak penerima komuni pertama agar terus berpedoman pada Kristus.

Pantauan media ini, Perayaan Ekaristi berlangsung khidmad, dimulai tepat pukul 08.00, dimeriahkan oleh koor dari KUB Sto. Atanasius Naibonat.

Usai Perayaan ekaristi, ada foto bersama para penerima komuni pertama dan orang tua dengan pastor, serta dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama di pendopo pastoran.

Baca Juga  El Tari, Salah Seorang Pahlawan Besar NTT

Untuk diketahui, persiapan komuni pertama di Paroki Santa Helena Lili Camplong, dilakukan selama 6 bulan, setiap anak dibimbing oleh pembina di tingkat KUB untuk mempelajari Rumusan Ajaran Katolik, dan doa-doa pokok dalam Gereja Katolik. Tiga hari sebelum penerimaan sakramen, anak-anak mengikuti test terakhir yang dilakukan oleh pastor paroki. Yang lulus tes yang diperbolehkan untuk menerima komuni, sedangkan yang belum lulus, diberikan kesempatan untuk kembali belajar dan akan menerima komuni di tahun berikutnya.

11 views
error: Content is protected !!