Agustinus Muti Resmi Daftar Diri ke Panitia Pilkades Serentak Malaka

MALAKA – Matatimor – Salah Satu Kandidat Bakal Calon Kepala Desa (Balon Cakades) Di Desa Babotin Selatan, Kecamatan Boten Leobele, Kabupaten Malaka, Agustinus Un Muti, S. Pd secara resmi mendaftarkan diri sebagai salah satu figur yang akan ikut dalam ajang pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan digelar pada tanggal 09 Desember mendatang.

Demikian informasi dihimpun media di lokasi pada, Rabu (26/10/22).

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Babotin Selatan tahun 2022 dari sekretariat pendaftaran menyampaikan kepada media bahwa, proses pendaftaran dan atau registrasi bagi para kandidat yang akan berpartisipasi dalam perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Malaka pada umumnya, terutama di Kecamatan Botin Leobele khususnya Desa Babotin Selatan sudah dibuka sejak tanggal 25 Oktober s/d 02 November, kata Bonafantura Adi Putra.

Bagi putra terbaik yang ada di Desa Babotin Selatan ini, sambungnya, diharapkan agar bisa menggunakan rentan waktu yang sudah ditetapkan untuk lakukan pendaftaran dengan baik, dengan memperhatikan berkas/administrasi yang harus dibawa oleh masing-masing pendaftar (kandidat).

Baca Juga  Syarat Penerima BLT BBM. Cek Nama, Cara Daftar, Pengajuan dan Pengaduan.

Semoga putra-putra terbaik yang akan lakukan pendaftaran dalam rentang waktu yang sudah diinformasikan oleh penyelenggara bisa pro aktif dan memperhatikan kelengkapan berkas yang akan dibawa untuk diserahkan ke sekretariat pendaftaran, ungkapnya.

“Dirinya berharap para kandidat untuk selalu mengedepankan semangat sportifitas dalam berkompetisi tanpa saling hujat-menghujat ataupun melakukan aksi kecil-kecilan untuk saling memprovokasi satu sama lain tapi selalu bersikap baik karena semua kandidat memiliki tujuan yang sama untuk membangun desa,” tutup Bonafantura.

Kesempatan yang sama, Agustinus Un Muti, S. Pd (Agus) ketika ditemui media ini menyampaikan bahwa sebagai salah satu kandidat yang akan ikut dalam perhelatan Pilkades di Desa Babotin Selatan, dirinya merasa sangat gembira karena hari ini keluarga besar mendampingi saya untuk lakukan pendaftaran di sekretariat.

“Keluarga besar dengan caranya masing-masing telah mengusung serta mengusul saya untuk maju demi memperbaiki wajar desa Babotin Selatan ini. Ini merupakan satu kebanggaan bagi saya,” ungkapnya.

Dukungan yang diberikan oleh keluarga itu, sambungnya, pada hari ini terutama sebelum menyerahkan berkas pendaftaran kepada pihak penyelenggara di sekretariat, dan sebagai manusia yang berbudaya tentunya segala dinamika ataupun pergumulan hidup selalu dan senantiasa direstui oleh para leluhur.

Baca Juga  Bupati Malaka Hadir di Tengah Keluarga Korban Banjir

“Sebelum melangkah ke sekretariat (kantor desa) sebagai tempat pendaftaran, saya sempat digotong oleh keluarga besar ke rumah suku (Uim Reu, Uim Papea’ka) untuk melangsungkan ritual adat. Disana para petuah suku mempersembahkan ujud dan impian saya mewakili keluarga besar dan masyarakat Desa Babotin Selatan kepada leluhur, serta memohon restu agar dalam persiapan jelang perhelatan Pilkades tahun ini, saya selalu dijaga agar terhindar dari segala hambatan,” jelasnya.

Menurut Agus, guna memenuhi aturan dan regulasi terkait pendaftaran, ada beberapa berkas yang sudah diserahkan kepada panitia penyelenggara sebagai syarat pendaftaran bakal calon untuk diferivikasi dan seluruh berkas itu diserahkan berupa soft dan hard Copy,” tandasnya.

Dikatakan Agus Muti, dirinya memilih untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkades serentak kabuparen Malaka tahun ini karena terinspirasi dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, yakni kondisi desa yang sangat tertinggal dari segi sarana prasarana maupun infrastruktur.

“Dan dimasa yang akan datang, jika terpilih maka saya dan seluruh masyarakat desa Babotin Selatan akan berupaya untuk merubah tatanan desa ini menjadi desa yang maju dari berbagai segi dan aspek,” tambah Agus Muti yang juga adalah pendamping desa tersebut.

Baca Juga  Babinsa Koramil 1604-02 Camplong ikut Laksanakan Pengamanan Operasi Ketupat Turangga 2023

Sebab selama ini, tambahnya, tiap tahun tahu dana yang dialokasikan untuk desa ini bunyinya Miliaran namun wajah desa tidak pernah berubah.

“Dan itu menjadi pegangan saya untuk beralih dan maju menjadi bakal calon kepala desa. Sehingga saya komitmen, kalau terpilih nanti, saya lebih fokus ke dana pemberdayaan dan tranparansi dalam penggunaan dana kedepannya akan diutamakan,” tutup bakal calon kelahiran Fatunesuk itu.

Diakhir kata, Agus sedikit menjelaskan impiannya ketika terpilih menjadi kepala desa, yakni; bersama membangun desa melalui tata kelola pemerintah yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif menuju desa yang maju, mandiri dan berbudaya.

Diketahui, bahwa prosesi pendaftaran bagi bakal calon kepala desa tersebut berjalan dengan baik, tanpa hambatan dan rintangan.

Turut hadir: Para petuah adat dari Suku Seus, Suku Kapitan, Suku Oepikan, dan Suku Mura yang saat ini mendiami desa Babotin

Tinggalkan Balasan