Kotbah Katolik Minggu Adventus III

BERITA51 Dilihat

Kotbah Katolik Minggu Adventus III – Oleh Rm. Jhon Chris Taus – Paroki Sta. Helena Lili – Camplong

Kita sudah memasuki Minggu ketiga Adventus. Lilin ke 3 sudah kita nyalakan. Liturgi menyebutnya .. Minggu Gaudete. Minggu gembira/dukacita. Kita pantas bersukacita karena: Tuhan segera datang, Tuhan pasti datang,Tuhan tidak berlambat.

Saat keselamatan kita sudah dekat. Tuhan datang membawa kabar baik, kabar gembira. Karena saat kedatangan Tuhan adalah saat keselamatan kita.

KEDUA: SORAK SORAI ISRAEL: Israel yang ada dalam pembuangan di Babel, BERSORAK GEMBIRA, ketika Yesaya menyampaikan kabar baik/Gembira, bahwa TUHAN SEGERA AKAN DATANG MEMBEBASKAN ISRAEL DARI PEMBUANGAN BABEL. Dan alam raya pun turut bergembira.

Baca Juga  Gubernur di Ngada, Panen Jagung Ini Pesannya

Padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara bersorak Sorai dan berbunga.dst (Yes,35,1-3)

Peeartaan Inti kabar gembira Yesaya: ROH TUHAN. Roh Tuhan ada padaKu, sebab Tuhan telah mengurapi Aku, untuk mewartakan kabar baik kepada orang-orang sengsara, merawat orang-orang yang remuk hati, pembebasan bagi tawanan penjara, dan menyatakan Tahun Rahmat Tuhan telah datang ..(Yes. 61:1-2,10)

Kabar baik yang pewartakan Yesaya ini, kemudian terungkap dalam diri Yesus, ketika Ia pertama kali mengajar dalam Sinagoga(Luk. 4:18-19).

Roh Tuhan ada padaKu, sebab Ia telah mengurapi Aku untuk mewartakan kabar baik kepada orang miskin, pembebasan bagi orang tawanan, penglihatan bagi orang-orang buta, pembebasan bagi orang-orang yang terindas, dan menyatakan Tahun Rahmat Tuhan telah datang.

Baca Juga  Presiden: Tindak Tegas ASN yang Pamer Harta dan Kekuasaan

Pewartaan nabi Yesaya masih dalam nubuat atau janji, tetapi dalam Diri Yesus semuanya jadi nyata. Karena dalam Diri Yesus, Allah sendiri hadir dan bertindak menyelamatkan manusia secara nyata. Dalam diri Yesus kabar gembira Kerajaan Allah menjadi nyata.
Versi Injil Matius, kabar gembira Kerajaan Allah bertuju kepada orang-orang sengsara. Orang buta melihat, orang tuli mendengar, dst.

KETIGA: KESAKSIAN YOHANES PEMBABTIS TENTANG YESUS MESIAS:

Yohannes PEMBABTIS dan Yesus tampil hampir bersamaan waktu di depan umum. Yohanes PEMBABTIS tampil di sungai Yordan mengajar orang untuk bertobat dan beri diri untuk pembabtisan, dan Yohanes pembaptis membaptis dengan AIR. Yesus tampil di Galilea, mengajar Kerajaan Allah.

Karena ini membuat banyak orang bingung dan bertanya siapakah Mesias yang ditunggu kedatangannya?

Baca Juga  Pj. Gubernur NTT Buka Soeratin Cup 2023

Yohanes pembaptis ataukah Yesus ?
Untuk hal ini Yohanes rasul penulis Injil memberi jawaban dalam Prolog Injilnya. Datanglah seorang yang diutus Allah namanya Yohanes, Ia datang sebagai Saksi atas terang itu. Ia bukanlah terang itu. Ia hanya memberi kesaksian ttg terang itu, supaya orang percaya. Berarti Yesuslah yang adalah terang itu, Dialah yang adalah Mesias Anak Allah.

KEEMPAT: PESAN IMAN

  • Hendaklah kita bersukacita karena Tuhan datang selamatkan kita
  • Seperti Yohanes pembaptis, kita juga memberi kesaksian tentang TERANG ITU, dengan cara melakukan perbuatan-perbuatan baik kepada sesama di sekitar kita.

Selamat menyongsong Natal 2023 .. Emanuel.!

MINGGU ADVENTUS III
Yes. 61:1-2,10-11
Yoh. 1:6-8,19-28

Tinggalkan Balasan