Kotbah Katolik Minggu Biasa 33

Oleh Rm. Jhon Chris Taus, Pr. – Paroki Sta. Helena Lili – Camplong

Senada dengan pesan Injil miggu yang lalu, Injil miggu ini juga kembali ingtkan kita, apa yang harus kita buat untuk menyongsong kedatangan Tuhan pada akhir jaman. Yesus gambarkan hal ini dalam Perumpamaan tentang TALENTA.

Ada seorang yang percayakan hartanya kepada hamba-hambanya, lalu ia pergi ke luar negri. Yang seorang diberi 5 talenta, yang lain 2, dan yg satu lagi satu talenta. Dan pada saatnya ia akan kembali meminta pertanggung jawabannya dari masing-masing.


TENTANG AKHIR JAMAN :

Pengajaran Yesus tentang perumpamaan Talenta ini adalah bagian penting dari ajaran Yesus tentang kedatangan Tuhan pada akhir jaman. Tuhan akan datang lagi pada akhir jaman. Kapan hal itu terjadi, tidak ada satu orangpun yang tahu. Hanya Allah Bapa yang tahu, karena itu Yesus terus ingtkan kita akan hal ini.
Demikian juga perumpamaan tentang talenta ini, adalah bagian terakhir tentang kedatangan Tuhan pada akhir jaman.

Baca Juga  Pesan Paus Fransiskus Pada Hari Komsos Sedunia 2024

Kisahnya ada seorang yang percayakan hartanya kepada hamba-hambanya lalu ia pergi ke luar negeri. Yang seorang diberi 5 talenta, yang lain 2 talenta dan yang satu lagi 1 talenta masing-masing menurut kesanggupannya. Dan pada saatnya majikan itu, akan minta pertanggung jawaban dari hamba-hamba itu.

Hamba yang terima 5 talenta dan 2 talenta itu, DIPUJI SEBAGAI HAMBA YANG SETIA, dan karena itu ia diterima dalam kebahagiaan dan sukacita tuan itu. Sedangkan hamba yang terima satu talenta, dicela dan dikecam sebagai HAMBA YANG JAHAT DAN MALAS.

Baca Juga  Kotbah Katolik Hari Raya Pentakosta

Karena ia tidak bungakan talenta tuannya, tetapi ia kuburkan telenta tuanya di dalam tanah. Karena kebiasaan orang Yahudi, kuburkan benda-benda berharga, uang talenta, emas, mutiara dan intan karena takut dicuri orang.

Maka ia dihukum oleh tuannya itu dengan cara mengambil kembali uang satu telenta itu, dan diberikan kepada yang sudah punya 10 talenta itu, Karena setiap orang yang sudah mempunyai, akan diberi lagi sehingga IA BERKELIMPAHAN.


MASUK KERAJAAN SURGA DAN HIDUP KEKAL:

Dgn perumpamaan tentang talenta, Yesus ingin tegaskan bahwa: Tuhan mengundang kita smua untuk masuk Kerajaan surga. Untuk ini Tuhan sudah percayakan hidup ilahinya dan segala hal yang perlu untuk masuk Kerajaan surga, yaitu hidup yg kekal, tetapi pada saatnya Tuhan akan datang meminta pertanggung jawaban dari setiap kita tentang segala yang telah Tuhan percayakan kepada masing-masing kita.

Baca Juga  Kotbah Katolik Minggu Biasa II, 14 Januari 2024

Tentu Tuhan berharap kita smua adalah hamba-hamba yang setia yang telah kembangkan segala anugerah Rahmat yang Tuhan percayakan kepada kita untuk masuk Kerajaan surgaNya.

PESAN IMAN : APA YG PERLU KITA BUAT UNTUK MASUK KERAJAAN SURGA?

  • berlakulah sebagai hamba yang setia dan jujur mengembangkan segala telenta Rahmat yang Tuhan percayakan kepada kita.
  • hendaknya kita setia dalam perkara-perkara kecil yaitu segala tugas dan tanggung jawab kita sekecil apapun yg dipercaya kepada kita .

Amen
Minggu Biasa 33
Amsal,31,10-13,19-20,30-31
Mat,25,14-15,19-21

Tinggalkan Balasan