Kotbah Katolik Hari Raya Tritunggal Maha Kudus

Kotbah Hari Raya Tritunggal Maha Kudus

Oleh Rm. Jhon Kris Taus, Pr.

Setelah kita merayakan Paskah dan Pentekosta, hari ini kita merayakan Hari Raya Tritunggal MAHAKUDUS, Sanctissma Trinitas. Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Rohkudus.

Allah Tritunggal MAHAKUDUS ini, menjadi pokok pengakuan iman Kristiani, kita percaya akan Satu Allah dengan Tiga Pribadi yang berbeda.

Menurut ajaran KATEKISMUS GEREJA KATOLIK, pengakuan dosa iman akan Allah Tritunggal MAHAKUDUS ini, pertama kali diucapkan saat menerima Sakramen Pembabtisan.

Jadi pengakuan iman ini adalah pengakuan akan pembabtisan. Karena Pembabtisan dilakukan dalam nama: Bapa Putra dan Rohkudus. (Mat. 28).

Dalam rumusan singkat pengakuan iman Katholik: CREDO/AKU PERCAYA, kebenaran iman yang diakui dalam pembabtisan, disusun sesuai dengan Tiga Pribadi Tritunggal MAHAKUDUS ini. Maka setiap hari kita selalu menyapa Allah Tritunggal MAHAKUDUS ini ketika kita berdoa, terutama ketika kita buat tanda Salib (+) pada awal dan akhir setiap doa kita menjadi ciri khas doa Katholik.

Baca Juga  Kotbah Minggu Paskah II / Minggu Kerahiman Ilahi

Iman akan Allah Tritunggal MAHAKUDUS ini adalah iman akan satu Allah bahwa Allah itu Esa (Ulangan 4: 39) Namun Allah Tritunggal MAHAKUDUS ini terdiri dari Tiga Pribadi yang berbeda, Bapa Putra dan Rohkudus, SAMA DALAM HAKEKAT ALLAH: ALLAH BAPA, ALLAH PUTRA DAN ALLAH ROHKUDUS.

Kata Tritunggal memang tidak ditemukan dalam semua Perjanjian Baru, tetapi dapat ditemukan dalam ajaran Yesus seperti di bawah ini :

  • Yesus menunjukkan PERSATUAN YG TAK TERPISAHKAN DG ALLAH BAPA, Aku dan Bapa adalah satu barangsiapa melihat Aku ia melihat Bapa. (Yoh. 10: 30).
  • Allah Bapa sendiri menyatakan bahwa Yesus adalah PutraNya yang terkasih dalam peristiwa Tabor(Mat.17:5).
  • Yesus juga menyatakan kesatuanNya dengan Roh Kudus yaitu Roh yang dijanjikan Yesus kepada para RasulNya yang disebutNya ROH KEBENARAN yang keluar dari Bapa. Roh ini adalah Roh Yesus sendiri, sebab Yesus adalah KEBENARAN itu.
  • Pada peristiwa Yesus naik ke surga Yesus beri perintah ini: pergilah dan jadikanlah semua bangsa muridKu, babtislah mereka dalam nama (+) Bapa Putra dan Rohkudus (Mat. 28:18-20, Injil minggu ini)
  • Kesatuan Allah Tritunggal MAHAKUDUS ini didasarkan atas KASIH YANG SEMPURNA DEMI KESELAMATAN KITA MANUSIA.
  • Karena kasihnya yang amat besar, Allah Bapa menciptakan manusia, dan menghendaki agar manusia citraNya selamat.
  • Namun manusia jatuh dalam dosa dan tidak bisa selamatkan dirinya, maka Allah mengutus PutraNya Yesus Kristus, untuk menebus kembali manusia melalui jalan: penderitaan, wafat dan kebangkitanNya.
  • Sesudah Yesus bangkit dari alam maut dan naik ke Surga, Yesus MENGUTUS ROH KUDUS untuk meneruskan karya keselamatan Allah menuju KESELAMATAN ABADI.
Baca Juga  Iklan Natal PT.PKGD

PESAN IMAN :

  • Merayakan pesta Tritunggal MAHAKUDUS, berarti kita merayakan misteri kasih Allah yang tunggal demi keselamatan kita Allah merencanakan, Allah Putera melaksanakannya secara sempurna, dan diselesaikan dan dijamin oleh Allah Rohkudus.
  • Jangan malu bersaksi tentang tanda Salib (+) ketika kita berdoa di mana saja dan di hadap siapa saja.

Allah Tritunggal MAHAKUDUS menolong kita. Amen.
Minggu Tritunggal MAHAKUDUS
Ul. 4:32-34,39-40
Mat. 28:16-20