Mars GMIT Berkumandang Meriah, pada Malam Pentas Budaya GMIT Sion Camplong

BERITA, RELIGI670 Dilihat

matatimor.net – Mars GMIT Berkumandang pada Malam Pentas Seni GMIT Sion Camplong

Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Sion Camplong, Klasis Fatuleu – Kabupaten Kupang, menyelenggarakan Malam Pentas Budaya pada Jumat, 14/06/2024. Kegiatan Pentas Budaya yang dikemas dalam bentuk perlombaan antar Rayon ini dalam rangka merayakan Bulan Bahasay dan Budaya GMIT (Bulan Mei). Kegiatan berlangsung di Gedung Kebaktian GMIT Sion Camplong.

Adapun Tema dari kegiatan ini yaitu : Roh Kudus memampukan Gereja bersaksi tentang Keadilan dan Damai Sejahtera dalam Budaya. Sub Tema : Melalui Nyanyian dan Tarian sebagai bagian dari Budaya Kita wartakan kepada dunia tentang Keadilan dan Damai Sejahtera. Sebanyak 5 Kelompok Paduan Suara dan 6 Kelompok Tarian ikut dalam Malam Pentas Budaya ini.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Zadrach Ferdinand Lenggu, menyampaikan, kegiatan Malam Pentas Budaya yang semestinya terselenggara di Bulan Mei (bulan budaya) diundur hingga Juni, atas alasan kesiapan teknis.

Baca Juga  Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar El Tari Memorial Cup

Ketua Panitia yang akrab dengan sapaan Bapak Fedy dari Rayon Ebenhaezer ini dalam laporannya yang dibacakan oleh Ibu Pnt. Margarita Kadafuk, menyebut jenis pentas / perlombaan pada Malam Pentas Budaya ini, yakni: Lomba Tarian (kreasi) dari berbagai Etnis Nusa Tenggara Timur, lomba Paduan Suara antar Rayon. Untuk Lomba Paduan Suara, MARS GMIT sebagai lagu wajib, dan 3 lagu pilihan lainnya yakni Usi Apakaet, Laismanekat, dan juga Uistutani Maun.

Disaksikan media ini, sebanyak 5 Kelompok Paduan suara dari tiap rayon yang ada di GMIT Sion Camplong, mementaskan kepiawaian berpaduan suara. Setiap Kelompok Paduan Suara tampil dengan berbusana adat Timor lengkap. Menggaungkan Nyanyian Mars GMIT sebagai lagu wajib dan satu lagu pilihan. Setiap Rayon mendapatkan giliran sesuai nomor undian untuk menampilkan paduan suara maupun tariannya.

KMJ Sion Camplong : Ini Sebagai Momen dan salah satu sarana pewartaan

Ketua Majelis Jemaat (KMJ) GMIT Sion Camplong, Pdt. Yosep Zakarias Kafoni, S.Th, dalam suara gembalanya menyampaikan hal penting terkait kegiatan Malam Pentas Budaya di GMIT Sion Camplong ini.

Baca Juga  UISNENO MNANU’ MA UISNEONPALA’

“seperti tema kegiatan yang disampaikan panitia tadi, momen ini sebagai alat perwartaan. Bahwa kegiatan kita, tarian kita harus menjadi alat wahana pewartaan kita tentang kasih dan keadilan, tentang damai sejahtera bagi dunia. Itu terkandung dalam syair-syair lagu, dalam gerak tari yang kita pentaskan” tuturnya.

Kepada para peserta lomba Ketua KMJ juga mengimbau agar saling berkompetensi dengan semangat pewartaan.

KMJ GMIT Sion Camplong Pdt. Yosep Zakarias Kafoni, S.Th – Saat memberikan Suara Gembala sekaligus Membuka dengan Resmi Kegiatan Malam Pentas Budaya

“dengan Malam Pentas Budaya ini, kita mau sampaikan kepada Jemaat, kepada dunia, bahwa Tuhan andil dalam kehidupan kita lewat budaya yang ada. Karena ini sebagai wahana pewartaan, berpentaslah dengan semangat pewartaan dengan talenta-talenta yang telah Tuhan Anugerahkan, jangan sampai ada yang tanya kenapa tidak dapat juara. Namanya perlombaan pasti ada yang angkanya di bawah” jelasnya.

Baca Juga  Ini Etika Berbahasa dalam Bahasa Dawan (UAB METO)

Sebelum menutup suara gembalanya, Ketua KMJ juga Berharap kiranya kegiatan paduan suara ini akan terus berkesinambungan.

“saya harap, setelah perlombaan ini, muncul kelompok paduan suara di tiap rayon. Kita jadwalkan untuk tampilkan setiap minggu. Jatuh bangun kita harus bisa mulai, terus berlatih dan sekiranya dapat mewariskakn ini kepada generasi berikutnya. Sehingga jangan sampai kehadiran teknologi meniadakan kemampuan kita berpaduan suara untuk memuji Tuhan.” tuturnya sebelum membuka kegiatan dengan resmi.

Hasil Perlombaan

Adapun Hasil perlombaan Tarian dan Paduan suara dalam Pentas Budaya GMIT Sion Camplong sebagai berikut :

Paduan Suara :

1 : PS. Rayon Ebenhaezer
2 : PS. Rayon Maranatha
3 : Ps. Rayon Elim
4 : PS. Rayon Petra
5 : PS. Rayon Sion

Tarian :

1 : Rayon Elim Tarian Etnis Timor
2 : Rayon Ebenhaezer Tarian Etnis Rote
3 : Rayon Maranatha Tarian Etnis Alor
4 : Rayon Paskah Tarian Etnis Rote
5 : Rayon Petra Tarian Etnis Sabu
6 : Rayon Sion Tarian Etnis Timor

FOTO-FOTO BISA LIHAT DI SINI