Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2

BERITA62 Dilihat

 Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2

1. Membuat Kesepakatan Melalui Negosasi

Negoisasi adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama satu pihak dan pihak yang lain. Tujuannya yakni untuk mengatasi atau menyesuaikan perbedaan, memperoleh sesuatu dari pihak lain, mencapai kesepakatan bersama, atau menyelesaikan sengketa atau selisih pendapat.

Unsur-unsur Negoisasi adalah sebagai berikut:

1.Partisipan, terdiri dari pihak pengaju dan pihak penawar. Dalam keadaan tertentu (pertikaian), ada partisipan ketiga sebagai perantara

2.Adanya Perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak

3.Adanya pengajuan dan penawaran

4.Ada kesepakatan sebagai hasil negoisasi.

Kesepakatan yang terjadi harus memenuhi syarat yakni:

1.Dilakukan dengan santun

2.Tidak ada tekanan atau paksaan

Baca Juga  Manusia NTT Harus Dibangun Dengan Pengetahuan Yang Tinggi

3.Saling menguntungkan

4.Kesepakatan bersifat praktis, bisa diterapkan

Struktur terks negosiasi;

Orientasi (Perkenalan)

Pengajuan(Pihak pengaju)

Penawaran (Pihak yang menawarkan)

Peretujuan atau kesepakatan

2. Debat

Debat adalah proses saling tukar menukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak berdebat memberi alasan. Apabila perlu, ditambahkan dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Hasil debat biasanya menghailkan sudut pandang baru yang bisa diterima kedua belah pihak.

Unsur-unsur debat adalah

1) Mosi adalah permasalahan yang diperdebatkan.

2) Tim afirmasi yakni tim pro atau tim pendukung

3) Tim oposisi kebalikan dari tim kontra

4) tim netral atau penilai/juri.

5) Moderator selaku pengarah debat

6) Penulis.

Kaidah kebahasaan yang digunakan harus benar sesuai dengan kaidah bahasa, baik tata ejaan maupun tata bahasa. Ide yang diungkapkan harus benar sesuai dengan fakta yang diterima akal sehat, harus tepat, dan hanya memiliki satu makna, padat, langsung menuju sasaran, runtun dan sistematis. Kata yang dipilih dalam berdebat harus memiliki makna sebenarnya(denotatif).

Baca Juga  Download Buku Kurikulum Merdeka SMA/SMK Kelas 10 PDF

3. Teks Biografi

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yamg ditulis oleh orang lain di dalamnya disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang diulas. Biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, orang yang berperan banyak dalam kehidupan orang banyak.

Manfaat membaca biografi adalah memperkaya wawasan dan sebagai teladan agar dapat menjalani kehidupan dengan baik dan mengisi hidup dengan karya yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga  Manajemen Berbasis Sekolah Responsif Gender

Struktur teks biografi adalah sebagai berikut, 1) Orientasi atau setting, berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar atau pembaca. Berkenaan dengan siapa, kapan dan dimana 2) Kejadian penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian tokoh utama. 3) Reorientasi, yang berisi komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian cerita

sebelumnya.

4. Mendalami Puisi

Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang banyak disukai karena disajikan dalam bahasa yang indah dan imajinatif.

Membacakan puisi:

a. Rima dan irama

b. Artikulasi

c. Ekspresi mimik wajah

d. Mengatur pernapasan

e. Vokal

f. Ekspresi

g. Intonasi

Tinggalkan Balasan