Banyak yang Belum Tahu, ini 5 Manfaat Istimewa Minyak Kelapa

Minyak Kelapa. Selain biasa digunakan untuk memasak berbagai masakan, ternyata minyak kelapa memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa.

Sudah lama dikenal, bahwa minyak kelapa merupakan salah satu bahan untuk merawat rambut dan juga kulit wanita.

Minya kelapa adalah jenis minyak nabati yang diekstrak dari daging kelapa matang.

Minyak kelapa dianggap lebih berkualitas dan lebih kaya antioksidan polifenol serta banyak nutrisi seperti vitamin E.

Berikut manfaat Minyak kelapa seperti yang dikutip dari laman https://www.bbcgoodfood.com/

1. Mengandung asam lemak rantai menengah

Minyak kelapa berbeda dari minyak makanan lainnya, karena terutama terdiri dari asam lemak rantai menengah (MCFA), sedangkan sebagian besar minyak lainnya hampir seluruhnya asam lemak rantai panjang.

Ini berarti bahwa asam lemak dalam minyak kelapa terdiri dari rantai enam sampai 12 atom karbon, berbeda dengan lebih dari 12 yang ditemukan dalam asam lemak rantai panjang.

Perbedaan struktur ini memiliki berbagai implikasi, mulai dari cara minyak dicerna hingga pengaruhnya terhadap tubuh Anda.

2. Memiliki sifat anti-inflamasi, anti-mikroba dan anti-jamur

Sekitar 50% MCFA dalam minyak kelapa adalah jenis yang disebut asam laurat, yang berkontribusi pada sifat anti-inflamasi , antimikroba , dan anti-jamur minyak .

Baca Juga  8 Negara dengan Udara paling Bersih di Dunia

3. Dapat membantu dalam perawatan kondisi kulit

Bukti yang terbatas namun konsisten tampaknya mendukung penggunaan minyak kelapa topikal untuk pencegahan dan pengobatan kasus ringan hingga sedang dari kondisi kulit kronis, seperti dermatitis atopik .

Ini juga telah terbukti meringankan beberapa kondisi kulit yang kompleks, seperti eksim atau psoriasis.

4. Dapat melindungi rambut dari kerusakan

Asam laurat dalam minyak kelapa tampaknya memiliki afinitas tinggi terhadap protein rambut dan, karena struktur minyaknya, mampu menembus ke dalam batang rambut. Ini berarti minyak kelapa dan produk yang dibuat darinya mungkin berguna dalam mencegah kerusakan rambut yang disebabkan oleh kehilangan protein akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV). Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

Baca Juga  Korea Punya Ginseng, Indonesia Punya Kelor

5. Bermanfaat dalam pencegahan karies gigi

Menarik minyak adalah obat ayurveda tradisional yang awalnya dipraktekkan di India kuno untuk pemeliharaan kesehatan mulut.

Studi yang lebih baru menunjukkan bahwa praktik menggunakan minyak kelapa mungkin bermanfaat untuk pencegahan karies gigi dengan mengurangi pembentukan plak dan radang gusi . Namun, keterbatasan dalam ukuran dan durasi sampel berarti diperlukan lebih banyak uji coba terkontrol acak yang dirancang dengan baik untuk menentukan nilai sebenarnya dari minyak kelapa untuk tujuan ini.

Nah itu dia manfaat luar biasa minyak kelapa yang belum banyak diketahui orang. semoga bermanfaat

2 views
error: Content is protected !!