UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN DASAR SISWA MEMBACA NOTASI ANGKA PADA LAGU MODEL DI KELAS VII B SMP NEGERI 1 FATULEU

PENDIDIKAN30 Dilihat
ABSTRAK
OLEH
MARIA DELIMA KEFI

Judul penelitian : “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN DASAR SISWA MEMBACA NOTASI ANGKA PADA LAGU MODEL DI KELAS VII B SMP NEGERI 1 FATULEU”. Seni merupakan bagian kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan karena seni itu sendiri adalah rasa yang dimiliki oleh setiap insan ciptaan Tuhan. Pendidikan seni adalah upaya untuk mempengaruhi jiwa seseorang dalam perkembangan imajinasinya yang diperoleh dari lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Seiring dengan perkembangan teknologi; banyak pihak yang justru lebih mengutakan nilai komersial dari seni ketimbang nilai pendidikan, akibatnya anak-anak zaman sekarang lebih suka menyanyi lagu-lagu popular yang ditiru/dihafal dari kaset/CD daripada membaca not.
Melalui pelajaran Seni Budaya yang diajarkan di sekolah, peneliti menemukan permasalahannya adalah : 1) Bagaimana proses pembelajaran membaca notasi angka pada siswa-siswi Kelas VII B SMP Negeri 1 Fatuleu? 2) Apa kesulitan yang dihadapi siswa-siswi pada saat membaca notasi angka? 3) Bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa-siswi pada saat membaca notasi angka. Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses pembelajaran notasi angka 2) kesulitan yang dihadapi siswa-siswi 3) cara yang ditempuh guru untuk mengatasi kesulitan siswa membaca notasi angka.
Agar tujuan penelitian ini tercapai, maka pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan konsep pembelajaran solfeggio yaitu belajar kemampuan mendengar not (ear training) dan kemampuan membaca nada (auditif). Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu : observasi, pengisian angket dan demonstrasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran notasi angka pada siswa-siswi kelas VII B SMP Negeri 1 Fatuleu dengan memberikan pemahaman tentang tangga nada, membidik nada dan pengenalan not dalam lagu model yang melibatkan not yang bergerak di tempat, melangkah dan melompat serta pemahaman tentang nilai nada, secara umum kesulitan yang dihadapi siswa-siswi meliputi 1) pemahaman tentang notasi angka (tinggi rendah nada) masih rendah, 2) dalam hal praktek siswa-siswi belum mampu membaca atau membidik not tinggi rendah dan nilai not secara tepat. 3) motivasi siswa-siswi rendah ketika guru melatih cara membaca notasi angka. Kesulitan ini diatasi melalui perencanaan sistim pelajaran yang jelas dan sistematis serta teknik mengajar yang menyenangkan sehingga siswa merasa tertarik untuk belajar cara membaca notasi angka.

Baca Juga  Kelulusan 100 Persen, Ini Pesan Kepala UPTD SDI Lili

Tinggalkan Balasan