BERITA  

Empat Sifat Dasar Manusia

Sebuah teori mengatakan, karakter manusia terbagi atas empat dasar utama, koleris, plegmatis, sanguinis, dan melankolis. Familiar dengan keempatnya? Simak penjelasannya.

1. Koleris
Mungkin orang dengan karakter inilah yang mampu menjadi pemimpin. Sifat dasar seorang koleris ialah tegas terutama dalam hal mengambil keputusan. Kesannya bukanlah seperti diktator tapi lebih ke sifat yang pantang menyerah dan mampu mengatur orang di sekitarnya. Bagi seorang koleris, pepatah yang mengatakan ‘tidak ada yang mungkin di dunia ini’ bisa jadi pedoman yang kuat. Kenyataannya mereka gemar berpetualang, mencoba tantangan baru, dan melakoni kehidupan bak seorang cendikiawan. Keoptimisannya mampu mengantarkan mereka menuju kesuksesan.

2. Plegmatis
Umumnya, plegmatis adalah orang yang cinta damai. Mereka lebih baik mengalah untuk menghindari konflik. Banyak dari tipe seorang plegmatis yang disukai oleh mereka yang berkarakter berbeda, salah satunya adalah toleransinya yang tinggi. Makna toleransi di sini mungkin sedikit berbeda, mereka cenderung tidak mempunyai tujuan sehingga merasa lebih aman jika mengikuti pendapat orang lain. Seorang plegamtis bisa dikatagorikan sebagai pendengar yang baik dan dikenal lebih sabar dalam menghadapi suatu masalah.

3. Sanguinis
Kekuatannya dalam bergaul menjadikan seorang sanguinis memiliki banyak teman. Senang menjadi pusat perhatian maka tak jarang seorang sanguinis populer di kalangan masyarakat. Mereka pintar dalam mencairkan suasana, terutama bila bertemu dengan orang baru Walaupun terlihat selalu bahagia, nyatanya emosi sanguinis terbilang labil. Terkadang mereka bisa merasakan emosi yang meluap-luap, kadang pula ia merasakan kesedihan yang mendalam.

4. Melankolis
Melankolis ternyata punya bakat menjadi seorang perfeksionis yang mengharuskan sekelilingnya tampak sempurna. Karakter ini menginginkan semuanya terencana dan berjalan sesuai dengan aturan. Ciri-ciri melankolis dapat dikenali lewat barang-barangnya yang tertata rapi karena mereka sangat menghargai estetika. Tidak banyak bicara, tetapi sekali berpendapat sangat tajam menggambarkan karakter melankolis yang penuh analisa. 

Jika dikuliti lebih dalam, di dalam diri manusia terdiri atas dua sifat gabungan yang melambangkan siapa diri mereka. Lalu, masuk ke tipe yang manakah Anda?
http://www.basilicha.com/
Baca Juga  Mengenal Saemaul Undong, Gerakan Pembangunan Pedesaan di Korea Selatan
0 views
error: Content is protected !!