Dengar Musik Bisa Turunkan Berat Badan

Ayo Disimak!

Dengar Musik Bisa Turunkan berat bada loh ya, Setiap kita pasti menginginkan tubuh yang sehat dan berumur panjang. Ada Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan itu, salah satunya diantaranya dengan menjaga berat badan tetap stabil.

Jika lemak sudah menumpuk dan berat badan meningkat, mau tidak mau harus berusaha untuk menurunkannya, agar tidak terjadi obesitas atau kegemukan. Sejauh ini upaya yang banyak dilakukan untuk nejaga berat badan tetap stabil yaitu dengan berolahraga. Tapi tahu kah anda ternyata ada cara jitu untuk mendukung penurunan berat badan yaitu melalui musik.

Dalam penelitian yang diterbitkan di The Journal of Exercise Physiology pada 2009, seperti dikutip di laman Medical News Today diungkapkan bahwa, orang yang berolahraga dengan musik bertempo cepat, hasil pembakaran kalori justru lebih signifikan.

Baca Juga  Sejarah Ikan Mujair

Ya, mendengarkan musik tempo cepat sambil berolahraga berpengaruh pada detak jantung yang lebih tinggi, peningkatan suhu tubuh, dan laju pernapasan yang ikut meningkat.

Dengan begitu, kalori yang melekat dalam tubuh jadi lebih banyak dibakar saat berolahraga, dibandingkan mereka yang berolahraga tanpa musik. Dalam penelitian itu, musik bertempo cepat yang dimaksud adalah bergenre hip-hop atau rap.

Baca Juga  Lirik Lagu Rohani Kemana Kularikan Diri

Lalu apa hubungannya musik bertempo cepat dengan pembakaran kalori? Dijelaskan dalam penelitian itu bahwa musik punya kemampuan melepaskan endorfin. Ya, endorfin adalah hormon positif yang baik untuk tubuh.

Saat berolahraga, hormon ini dilepaskan yang dapat menimbulkan perasaan bahagia dan nyaman. Endorfin terbukti sangat baik untuk mengurangi nafsu makan dan pembakaran lemak dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, musik ternyata dapat mengurangi titik simpanan lemak di bagian perut. Penumpukan lemak dibagian perut ini disebabkan karena stres yang dikontrol oleh hormon kortisol.

Baca Juga  Kesehatan Ginjal terganggu karena ini

Kabar baiknya, musik dapat mengurangi kadar hormon kortisol yang menjadi salah satu biang keladi penyebab kegemukan. Itu artinya, musik sekaligus menjalankan fungsinya untuk mengurangi stres, serta mengurangi keinginan makan karbohidrat lho!

Nah, kalau sudah tau ternyata musik bisa membantu menurunkan berat badan, maka tidak ada salahnya berolahraga sambil mendengarkan musik.

salam !

4 views
error: Content is protected !!