Dandim 1604 Kupang Ajak Wartawan Untuk Bekerja Sama Membangun Negeri

BERITA43 Dilihat
Voicetimor.com Kupang| NTT: Komandan Distrik Militer (Dandim) TNI AD 1604 Kupang  Letnan Kolonel (Kav) FX Apriliant Setyo Wicaksono,S.sos saat melakukan silahturahmi bersama seluruh awak media baik propinsi, kota kupang dan kabupaten Kupang pada Sabtu 22/ 06/19 bertempat di Aulah pertemuan serba guna Makodim Kupang mengatakan,TNI dan wartawan merupakan mitra dalam mendukung pembangunan negeri dan media informasi untuk bisa mengetahui  segala bentuk persoalan yang di hadapi oleh masyarakat diberbagai pelosok NKRI.
Oleh karena itu dia mengharapkan agar para wartawan bisa bekerja sama dengan TNI dalam mendukung pembangunan di semua aspek, terutama memberikan informasi terkait  dengan masalah- masalah teritorial (batas antara negara). Hal ini menurutnya sangat penting karena dengan demikian maka pemerintah bisa bergandengan tangan untuk bisa memberikan perhatian bagi kesejahraan rakyat Indonesia.
“Saya mengharapkan kepada rekan-rekan media untuk kita bisa saling membantu  dalam memberikan publikasi terkait dengan persoalan yang ada khususnya perbatasan sehingga, kami bisa memberikan perhatian. Magsud dan tujuannya bukan untuk mengekspos kekurangan kita namun, persoalan yang ada harus kita ketahui sehingga bisa dilakukan Pembenahan di berbagai bidang”ujarya.
Dia mengaku selama ini berbagai kegiatan operasi teritorial sudah dilakukan untuk menunjang pembangunan lintas batas. Operasi yang sudah dilakukan ada dual hal yaitu pembangunan fisik dan non fisik. Pembangunan secara fisik diantaranya bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan Rohani. Sementara untuk pembangunan non fisik berupa peyuluhan dan sosialisasi di bidang kesehatan, human Traficking(penjualan manusia), dan penyuluhan lintas batas.
“Kami sudah laksanakan Operasi teritorial TNI dengan semboyan ‘merajut asa di negeri’. Kegiatan ini sudah dilakukan pada 2018. Pelaksanaan kegiatan ini bertempat  pada wilayah perbatasan Oepoli kabupaten Kupang. Yang sudah kami lakukan yaitu pendidikan (Rehap sekolah), Rohani (rehap rumah ibadah) ekonomi ( rehap pasar sebagai sentra ekonomi perbatasan). Untuk non fisik kami lakukan peyuluhan di lintas batas dan penyuluhan tentang bahaya penjualan manusia (human trafcking)” Paparnya.
“Intinya Kegiatan ini melibatkan semua partisipasi  masyarakat  untuk menunjang kemanunggalan TNI bersama Rakyat.” tambahnya.
Dia mengaku jika persoalan yang sangat sulit dilakukan oleh masyarakat adalah pada musim hujan karena keterbatasan transportasi menjadi kendala yang sering dihadapi oleh masyarakat. Untuk itu maka perlu adanya kerja sama antar semua komponen sehingga keterbatasan dan kekurangan yang ada bisa dapat diatasi. 
Adakan Lomba Jurnalis Untuk  Mendukung TMMD.
Dandim 1604 Kupang Letnan Kolonel (Kav) FX. Aprilian Setyo Wijacsono,S.sos juga menghimbau kepada seluruh insan pers di NTT  untuk bisa mengikuti perlombaan jurnalistik dalam rangka mendukung TMMD.
Menurutnya,kegiatan perlombaan ini diselenggarakan oleh TNI AD dalam rangka untuk memberitakan kegiatan TNI yang berada di wilayah perbatasan.
Baca Juga  Hati Rakyat dan Wakil Rakyat

Dikatakannya, pada tahun 2019 ini ada 50 wilayah komando distrik TNI AD melaksanakan Lomba jurnalistik TMMD dalam waktu yang bersamaan. Pelaksanaan lomba ini dijadwalkan tanggal 10 Juli – 8 Agustus 2019 di 50 kota yang berbeda.

“Kami berharap dalam kegiatan lomba jurnalis ini dari rekan – rekan insan pers di NTT bisa berpartisipasi dalam lomba jurnalistik TMMD ini.
Untuk lokasi yang akan kita lombakan di Desa Netemnanu Utara, Oepoli Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang. Jadi rekan – rekan media bisa meliput disana,” pinta Dandim.
Dia mengaku, program ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri sebagai orang NTT, dalam upaya membangun rasa cinta tanah air. Banyak aspek humanis yang bisa digali di tengah masyarakat pedesaan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan. Dirinya berharap melalui TMMD ini, semangat dari masyarakat terus ditingkatkan. Kalangan media bisa membantu menyampaikan informasi agar diketahui publik (Man)

Tinggalkan Balasan